Terbentuknya Hangseng Stock Index Futures ( Contoh )

Posted by bursa berjangka on 21.30

Hang Seng Index (HSI) adalah index komulatif dari 38 saham blue chip dari Hong Kong stock Market, yang merupakan salah satu index saham terpercaya, yang digunakan para investor dan fund manager untuk berinvestasi. Ke-38 constituent stock yang dijadikan indikator, berasal dari berbagai sektor, seperti Industri, Finance, Properties, dan sebagainya. Keseluruhan dari nilai saham-saham ini merupakan 70% dari nilai kapitalisasi seluruh nilai saham yang tercatat pada The Stock Exchange of Hong Kong Ltd. (SEHK). Karena itu naik atau turunnya index HIS merupakan refleksi performance dari keseluruhan saham-saham yang diperdagangkan. Pemilik lisensi dari Hang Seng Stock index adalah HIS Service Limited, yang merupakan subsidiary dari Hang Seng Bank. HIS pertamakali diper-dagangkan pada 24 November 1969.

Untuk menentukan ke-38 perusahaan yang menjadi constituent HIS, perusahaan tersebut haruslah memenuhi syarat :

1. Harus mencapai 90% dari total market capitalisation, dari seluruh saham-saham biasa, yang listing di SEHK.

2. Harus mencapai 90% dari total turnover pada SEHK (turnover is aggregated and individually assessed for eight quarterly sub periods for the past 24 month)

3. Harus sudah di listing minimal 24 bulan

4. Haruslah bukan perusahaan asing, berdasarkan defenisi dari SEHK.

Faktor lain yang menjadi bahan pertimbangan adalah : Kapitalisasi market dan Financial performance dari perusahaan tersebut. Berdasarkan per-syaratan ini, perusahaan yang akan menjadi constituent dapat saja berubah.

Untuk memenuhi keinginan para investor untuk dapat mentransaksikan index HIS, sebagai salah satu alat untuk hedging position, Hong Kong Futures Exchange (HKFE), pertama kali memperkenalkan perdagangan Hang Seng Index Futures pada bulan Mei 1986, dan kemudian di ikuti dengan Hang Seng Index Option Contracts pada bulan Maret 1993. Dengan adanya Futures dan option market ini para investor lebih banyak memiliki instrumen untuk mengatur resiko portfolio mereka. Popularitas Hang Seng Index Futures terus meningkat secara bertahap, seiring dengan masuknya investor dari luar negeri, baik itu dari institutional maupun individual investor.

Keuntungan melakukan transaksi HSI futures disimpulkan sebagai berikut :

1. HSI Futures mudah dimengerti oleh investor berpengalaman maupun yang masih baru di bisnis ini. Sehingga dapat digunakan untuk berbagai motif investasi, seperti risk management, atau sebagai peluang investasi.

2. Biaya transaksi yang relatif rendah, sebagai nilai kapitalisasi stock market, HIS futures dan option, hanya membebankan komisi kepada investor disaat melikuidasi kontrak, sedangkan pada open posisi tidak dibebankan komisi.

3. HSI futures dan option adalah produk terdaftar, dan dijamin oleh HKFE Clearing Corporation (HKCC), sebagai subsidiary dari HKFE. HKCC bertindak sebagai counter party terhadap seluruh kontrak yang dibuka.